Teknik Diet Populer

Menjaga berat badan itu hal yang penting, bagaimana tidak penting, berbagai penyakit banyak di sebabkan oleh kelebihan berat badan atau biasa kita sebut obesitas. Maka dari itu banyak orang yang mulai diet demi menjaga kesehatan. Dan salah satu teknik diet adalah Puasa intermiten (intermittent fasting).

Diet ini diklaim dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, hingga memperpanjang angka harapan hidup. Puasa intermiten merupakan pola makan yang terbagi ke dalam dua periode: makan dan puasa.

Teknik Diet Populer
Teknik Diet Populer

Mengutip Healthline, pola ini tak menentukan makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, melainkan lebih kepada mengatur waktu makan. Pola ini diklaim ampuh dalam membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, pola ini juga diklaim dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menekan semua faktor risiko penyakit jantung, mencegah pertumbuhan sel kanker, hingga menjaga kesehatan otak.

Berikut enam cara diet intermittent fasting populer yang bisa Anda coba, mengutip Healthline.

  1. Metode 16/8
    Metode ini mengharuskan Anda untuk berpuasa setiap hari selama 16 jam. Sisa 8 jam bisa Anda gunakan sebagai waktu makan.
    Metode ini juga dikenal sebagai protokol Leangains dan dipopulerkan oleh ahli kebugaran, Martin Berkhan.
    Metode ini cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda cukup tidak mengonsumsi apa pun setelah makan malam dan melewatkan sarapan. Yang pasti, hitung selama 16 jam.
  2. Diet 5:2
    Metode ini membagi hari berpuasa dalam satu pekan. Selama lima hari dalam sepekan, Anda dipersilakan makan dengan normal. Sementara selama dua hari sisanya, Anda diminta untuk membatasi asupan hingga 500-600 kalori.
  3. Eat-stop-eat

Metode ini mengharuskan Anda menjalani puasa selama 24 jam penuh dalam sepekan. Lakukan puasa 1-2 kali dalam sepekan.

Misalnya, makan malam terakhir Anda jatuh pada Senin pukul 19.00 WIB, maka Anda harus berpuasa sampai Selasa pukul 19.00 WIB.

You May Also Like

About the Author: Canasian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *